Panorama AIR TERJUN GROJOKAN SEWU Yang Susah Buat Move ON

Diposting pada

Banyak tempat wisata di sekitar Gunung Lawu, selain Candi Cetho dan Candi Sukuh, ada juga air terjun Grojogan Sewu. Tempat ini adalah daerah air terjun yang berasal dari mata air Gunung Lawu, yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Solo. Grojogan Sewu memiliki ketinggian 81 meter. Kata Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti Seribu, yang berarti satuan jarak yang digunakan pada zaman kuno untuk mengukur ketinggian air terjun. Satu topi adalah ukuran satu kaki orang dewasa dan ketinggian air terjun ini adalah 1.000 topi.

Ketika Anda berada di pintu masuk ke daerah Grojogan Sewu kita akan disambut oleh kawanan monyet yang berkeliaran di sini, tidak perlu khawatir karena monyet ini tidak akan mengganggu para pengunjung. Setelah melewati koleksi monyet untuk pergi ke air terjun kita harus melewati banyak tangga yang mungkin membuat kaki Anda sedikit sakit tetapi tenang semua yang akan membayar nanti ketika kami tiba di depan air terjun Grojogan Sewu. Total langkah yang dilalui jika Anda melewati pintu 1 untuk naik dan turun adalah 1.450 langkah, jarak yang ditempuh untuk turun adalah sekitar 500 meter dan 750 meter untuk naik, ini disengaja agar tangga naik lebih jauh daripada tangga turun.

Hewan di Air Terjun Grobokan Sewu

Hewan lain yang juga memeriahkan tempat ini adalah monyet. Banyak sekali monyet di kawasan air terjun Grojogan Sewu. Monyet kera ini relatif jinak, meskipun pengunjung disarankan untuk selalu berhati-hati, terutama saat memberi makan kera. Kera monyet ini adalah binatang yang dilindungi pemerintah.

Setibanya di lokasi, selain bisa merasakan dan bermain di bawah limpahan air terjun, para wisatawan juga bisa menikmati kolam renang yang sudah disediakan oleh pengelola disana. Selain itu, pengunjung yang ingin bermalam juga menyediakan sejumlah homestay untuk bermalam. Harga sewa homestay ini cukup terjangkau, terutama jika diisi oleh banyak orang.

Mitos Air Terjun Grojogan Sewu

Tidak jauh dari lokasi air terjun ada juga air terjun lain, tepatnya berada di daerah Banyumas. Air terjun di Banyumas memiliki mitos yang cukup unik, dimana ketika kita berkunjung ke sana bersama pasangan, hubungan akan bisa langgeng / awet. Nah, mengenai mitos di Sewu Grojogan malah sebaliknya, di mana saat mengunjungi ke sana, maka disarankan untuk tidak datang bersama pasangan, karena dikhawatirkan hubungan dengan pasangan tidak akan bertahan lama. Sekali lagi, ini hanya mitos, dan tentu saja tidak pasti tentang kebenaran.

Yang Menarik di Grojogan Sewu

Jika Anda tidak puas hanya dengan melihat pemandangan air terjun, Anda benar-benar bisa merasakan kegembiraan lain di kawasan wisata yang satu ini. Karena, Grojogan Sewu Tawangmangu dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fasilitas yang dapat membuat wisatawan lebih nyaman dan sering pergi ke sana. Berikut adalah fasilitas yang bisa Anda nikmati di Grojogan Sewu Tawangmangu, seperti :

• Flying fox

• Arung jeram

• Taman air mini

• Wahana Outbond

• Area bermain anak-anak

• Kantin

• Masjid

• Toilet

Area yang bisa digunakan untuk berenang

Jika Anda ingin bermain air di air terjun, Anda bisa berenang di sekitar jembatan. Pengunjung dilarang bermain tepat di bawah aliran air terjun karena air terjun yang tinggi membuat aliran air begitu deras sehingga bisa berbahaya. Tidak jarang ada batu kerikil atau batu yang datang mencebur ke dalam air yang bila mengenai kepala bisa membuat luka.

Selain itu, pengunjung juga diharapkan berhati-hati jika ingin bermain di kawasan air terjun, karena ada banyak batu berlumut yang licin. Ketika kita melewatinya, jika tidak hati-hati akan mudah terpeleset dan dapat menyebabkan kaki terkilir.

Selain bermain air di Grojogan, pengunjung juga bisa berenang di kolam dekat air terjun. Biasanya anak-anak menghabiskan waktu di sana karena jauh lebih aman daripada bermain di dekat air terjun. Pengawasan orang tua juga lebih mudah dilakukan.

Selain wisata air, di kawasan Grojogan Sewu ada juga wahana yang menantang adrenalin pengunjung, yaitu flying fox. Pengunjung akan diuji kekerasannya untuk menaklukkan ketinggian dengan meluncur menggunakan tali yang aman, tentu saja.

Kuliner dengan sate kelinci dan kelapa muda

Pengunjung yang tidak ingin basah atau menunggu anak bermain air di sana, biasanya menghabiskan waktu menikmati sate kelinci atau sate ayam yang tersedia di warung warung di sana. Selain itu, ada juga jagung bakar dan es kelapa muda bagi Anda yang tidak menginginkan makanan berat. Tempat wisata ini juga telah dilengkapi toilet dan ruang sholat, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika waktu sholat telah tiba, tetapi tetap ingin menghabiskan waktu di Grojogan Sewu.

Alamat Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi wisata, dibutuhkan sekitar 1 jam waktu perjalanan, ketika berangkat dari pusat kota Solo.

Letak Air Terjun Grojogan Sewu di tengah hutan membuat wisatawan yang ingin mengunjunginya harus menembus pepohonan yang masih asri. Ada 2 cara menuju ke sana, yaitu melalui pintu utama dan pintu samping. Harga tiketnya adalah Rp15.000 untuk satu orang dewasa dan Rp160.000 untuk wisatawan dari luar negeri.

Bedanya, jika melalui pintu utama, pengunjung akan menuruni tangga yang cukup banyak untuk sampai ke lokasi air terjun. Apabila melewati pintu samping, kalian tidak perlu menaiki tangga tetapi harus berjalan kurang lebih 30 menit menelusuri Hutan Wisata Grojogan Sewu yang masih berupa jalan setapak. Dalam perjalanan ke air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang indah dan suhu dingin. Yang menarik, di hutan wisata ini masih ada banyak populasi kera liar sampai ke lokasi air terjun.

Kera di daerah Grojogan Sewu dapat dikatakan sangat usil. Meski tidak menyerang pengunjung, tetapi monyet-monyet di sini sering membuat pengunjung tidak nyaman karena mereka sering melompat dan berlari di sepanjang jalan. Selain itu, jika ada orang yang membawa tas dalam bentuk makanan, Anda harus menyadari bahwa itu tiba-tiba disambar monyet yang usil di sana. Ponsel dan tas kecil juga tidak hilang di radar kera. Jadi berhati-hatilah dalam membawa barang bawaan di sana.

Rute ke Air Terjun Grojogan Sewu

Rute menuju Air Terjun Grojogan Sewu sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian melanjutkan perjalanan melewati Wates Road, hingga di persimpangan ke selatan melalui West Ringroad Road, kemudian di persimpangan ke barat menuju Godean Road, kemudian terus melalui Jalan Raya Kaligesing, hingga persimpangan ke selatan. kemudian ikuti jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Air Terjun Grojogan Sewu.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Air Terjun Grojogan Sewu cukup jauh, yaitu sekitar 31,3 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Air Terjun Grojogan Sewu adalah sekitar 59 menit.

Itulah pembahasan mengenai Panorama AIR TERJUN GROJOKAN SEWU Yang Susah Buat MoveON. Semoga bermanfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *