Keindahan GUNUNG BROMO Yang Tiada Duanya

Diposting pada

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Objek wisata ini tidak asing bagi wisatawan domestik dan wisatawan asing. Bahkan sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa jika Anda mengunjungi Jawa Timur, Anda harus mengunjungi tempat wisata ini agar perjalanan wisata Anda sempurna. Ya, Anda akan merasakan sensasi liburan yang luar biasa dengan mengunjungi objek wisata alam yang tepatnya berada di Kabupaten Pasuruan.

Sejarah Gunung Bromo

Sejarah Gunung Bromo tidak pernah lepas dari kisah legendaris Joko Seger dan Roro Anteng, kisah ini telah berkembang hingga sekarang. Konon legenda ini adalah legenda pembentukan kawah Gunung Bromo, Gunung Batok dan lautan pasir yang ada di sekitar Kaldera Bromo, sejarah singkatnya adalah sebagai berikut.

Pada zaman kuno, ketika kerajaan Majapahit mengalami gejolak karena banyaknya serangan yang mengancam kerajaan, warga Majapahit bingung untuk menemukan tempat yang aman. di tengah jalan mereka akhirnya terbagi menjadi dua kelompok, satu ke gunung di sekitar Bromo dengan pemimpin kelompok adalah Raja dan Ratu dan yang lainnya ke pulau Bali.

Setelah berpuluh-puluh tahun, warga yang tinggal di daerah Bromo mulai menyesuaikan diri dengan lingkungannya, hingga akhirnya lahirlah bayi dari Raja dan Ratu bernama Roro Anteng. dan tidak jauh dari tempat tinggal Raja dan Ratu juga lahir seorang bayi laki-laki keturunan Brahmana bernama Joko Seger.

Setelah mereka dewasa, kedua anak itu jatuh cinta satu sama lain, tetapi dalam perjalanan kisah cinta mereka ada seorang raksasa yang mencoba memisahkan mereka berdua, dengan melamar Roro Anteng dengan paksa, tetapi Roro Anteng tidak mau dan ditolak dengan cara yang halus, yaitu dengan meminta syarat untuk membuat danau di Gunung Bromo hanya dengan satu malam. Kondisi ini diterima dan dalam proses bekerja di danau hampir selesai, raksasa itu digagalkan oleh penipuan Roro Anteng. Raksasa itu mengamuk dan melemparkan batok kelapa yang digunakan untuk menggulingkan danau. dan dikatakan bahwa batok kelapa telah membesar untuk membentuk Gunung Batok, sedangkan danau telah berubah menjadi kawah gunung.

Di sekitar lokasi objek wisata Gunung Bromo, Anda bisa mengunjungi lima tempat wisata berikut.

• Lautan pasir dan kawah Gunung Bromo

Hamparan lautan pasir di Gunung Bromo sekitar 10 kilometer persegi. Pada kuartal pertama perjalanan Anda dapat menyewa jip untuk menghemat energi Anda dan pada tiga kuartal sisanya Anda dapat berjalan atau menyewa kuda yang disediakan oleh suku Tengger. Selama berjalan, Anda harus menyeberang melalui lautan pasir karena jip hanya akan membawa Anda ke monumen yang menandai radius bahaya di sekitar Gunung Bromo. Agar stamina Anda bugar, sebelum perjalanan, Anda bisa meluangkan waktu untuk tidur yang cukup, memulai perjalanan di pagi hari agar tidak tertinggal oleh matahari terbit yang indah dengan kostum penuh pakaian mulai dari kaki hingga kepala. Jika Anda terbiasa berolahraga di pagi hari dengan berjalan kaki, perjalanan ke Gunung Bromo akan terasa ringan dan menyenangkan. Tetapi jika Anda tidak terbiasa, pasir tebal akan membuat Anda terkesiap dan kelelahan. Ketika Anda mencapai puncak Bromo, Anda akan melihat kawah Bromo putih yang indah dengan kandungan sulfur di dalamnya.

• Puncak Gunung Pananjakan

Para wisatawan yang datang ke Gunung Bromo biasanya datang dan menginap di malam hari kemudian pergi ke Gunung Bromo di pagi hari untuk menikmati indahnya matahari terbit. Biasanya wisatawan berkumpul di area puncak Gunung Pananjakan tepatnya di sisi barat Gunung Bromo. Ini adalah gunung dengan puncak tertinggi di lokasi ini di mana Anda dapat melihat gunung-gunung di sekitar Bromo seperti deretan Gunung Batok yang memiliki latar belakang Gunung Semeru.

• Bukit Teletubbies

Dari kejauhan panorama Gunung Bromo seolah hanya disuguhi hamparan pasir dan kawah tanpa tanaman hijau sama sekali. Pandangan ini ternyata tidak tepat. Di sekitar Gunung Bromo ternyata Anda bisa menemukan hamparan sabana yang disebut bukit Teletubbies tepatnya di sebelah timur kawasan pegunungan ini. Anda dapat mengunjunginya dengan paket wisata yang disediakan oleh jip.

• Pasir Berbisik

Apakah Anda masih ingat judul sinetron yang dibintangi Dian Sastro pada tahun 2002? Ya, judul sinetron adalah Pasir Berbisik. Tampaknya setting yang diambil adalah lautan pasir di salah satu tempat di Bromo. Jika Anda mendengarkan dengan seksama di lokasi ini Anda akan mendengar angin bertiup di permukaan pasir sehingga suara bising muncul. Bagi Anda yang akan menikah, prewedding di lokasi Pasir Berbisik akan memberikan pengaturan yang sempurna untuk foto Anda.

  • Pura Poten

Mayoritas orang Tengger memeluk agama Hindu. Di wilayah pegunungan ini, tepatnya di kaki Gunung Bromo, ada candi Poten yang biasanya digunakan untuk sholat dan juga kegiatan tradisional atau keagamaan oleh masyarakat setempat.

Tips Perjalanan ke Wisata Gunung Bromo

Untuk menikmati keindahan Gunung Bromo, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu, untuk kali ini Twisata akan membagikan tips untuk bepergian ke Gunung Bromo, sehingga nantinya wisata Anda dapat berjalan dengan menyenangkan. Tips bepergian ke Gunung Bromo adalah sebagai berikut:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Berkunjung ke tempat wisata ini membutuhkan akurasi waktu dan menyesuaikan dengan rencana Anda, jika Anda mengunjungi Bromo saat musim kemarau, Anda dapat menikmati matahari terbit dengan sangat ciamik, tetapi kondisi panorama sabana tidak begitu baik, ini karena rumput di padang sabana kering. Dan jika Anda berkunjung selama musim hujan, Anda akan kehilangan pemandangan Sunrise, tetapi Anda akan menikmati keindahan sabana hijau yang sempurna. sehingga Anda dapat memprioritaskan kondisi yang ingin Anda kunjungi ke Gunung Bromo.

2. Menjaga Kondisi Fisik

Fisik Anda juga harus diperhitungkan dengan seksama, hal ini karena suhu cuaca di Gunung Bromo sangat dingin, dan jangan sampai saat Anda sedang bepergian di Bromo, kondisi fisik Anda sampai menurun atau drop, yang mana bisa mengurangi kegembiraan menikmati keindahan Gunung Bromo.

3. Siapkan Peralatan Pribadi

Sebelum Anda berangkat untuk berwisata ke tempat-tempat wisata di Jawa Timur, ada baiknya menyiapkan peralatan pribadi seperti jaket, sarung tangan, kaus kaki dan masker. tetapi bagi Anda yang tidak punya waktu untuk mempersiapkannya, di daerah sekitar Bromo ada banyak penjual dan peralatan persewaan – peralatan yang disebutkan. Dan jangan lupa juga menyiapkan peralatan pendukung seperti kamere atau video trip shooting dan makanan ringan.

4. Pesan Akomodasi

Dengan Anda memesan akomodasi jauh hari, Anda tidak akan lagi bingung pada hari itu, terutama selama musim liburan, karena sebagian besar akomodasi telah dipesan, dan bahkan jika ada, harganya akan lebih mahal.

Itulah pembahasan mengenai Keindahan GUNUNG BROMO Yang Tiada Duanya. Semoga bermanfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *