Keindahan AIR TERJUN MADAKARIPURA Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu tujuan wisata Jawa Timur paling Instagramable. Bagi Anda petualang yang bepergian yang suka berfoto di tempat-tempat wisata yang indah, Air Terjun Madakaripura harus benar-benar masuk ke daftar kunjungan Anda!

Tempat ini lebih tepatnya berada di daerah Probolinggo. Air terun ini masih termasuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ini memiliki bentuk lereng cekung antara Gunung Bromo. Karena memiliki debit air yang selalu konsisten dan tidak pernah berkurang, Air Terjun Madakaripura ini sering disebut air terjun abadi. Aliran air yang terus mengalir juga membuat area di sekitar lereng ditumbuhi banyak tanaman hijau. Sangat indah dan memanjakan mata Anda dari perkotaan.

Air Terjun Makadaripura mengalir di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di sekitar air terjun sangat sejuk dan segar. Aliran air turun dengan cara yang sangat artistik. Dia melintasi tebing curam yang dipenuhi dengan tanaman hijau di sekitarnya. Jika sebagian besar air terjun jatuh dalam bentuk aliran air yang sangat besar dan kuat di satu titik, Air Terjun Makadaripura adalah bentuk yang berlawanan. Ini turun dalam bentuk pola aliran sentrifugal radial, yaitu, dari satu titik untuk menyebar ke beberapa titik yang berbeda. Jadi, itu terlihat seperti aliran hujan yang turun secara terpisah dari atas bebatuan.

Masing-masing aliran ini memancarkan berbagai kekuatan. Ada aliran yang sangat deras, sehingga aliran kecil mengalir dengan ringan. Anda akan benar-benar menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura. Apalagi dengan bagian bawah Air Terjun Pirus yang bening. Warnanya akan sangat keren ketika Anda meningkatkan pengaturan kontras dan saturasi di foto Anda.

Saat Anda mengambil foto di air terjun pada siang hari hingga sore hari, Anda akan memiliki kemungkinan melihat air terjun turun bersama matahari. Menghasilkan foto yang terlihat megah. Karena, tanaman hijau yang berada di atas air terjun cukup banyak sehingga mereka tampak menutupi matahari. Akibatnya, cahaya yang memasuki area air terjun terlihat seperti garis cahaya yang turun ke bumi dalam bentuk garis diagonal.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di Jawa Timur, tepatnya di Desa Branggah, Desa Negororejo, Kabupaten Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Terletak tidak jauh dari pusat kota Probolinggo yang berada di jalur Surabaya dan Bromo.

Nikmati keindahan alam air terjun Madakaripura

Keindahan tujuan wisata ini juga tidak dapat disangkal. Dengan panorama alamnya di pegunungan, menjadikan air terjun ini indah dan alami. Ini akan terlihat oleh pengunjung, bahkan mulai dari awal perjalanan hingga tujuan wisata ini.

Anda juga akan menemukan pemandangan luar biasa di sepanjang jalan. karena pegunungannya lembab dan dingin. Ini juga didukung oleh hijaunya pohon-pohon khas dan juga aroma khas pegunungan. Adapun pemandangan lainnya, yaitu gundukan berbukit dengan lembah seperti itu tidak akan ada habisnya. Dengan ketinggian sekitar dua ratus meter, air terjun ini adalah yang tertinggi kedua di Indonesia.

Sejuta Cerita dari Air Terjun Madakaripura

Dikatakan jika tujuan wisata ini memiliki sejuta misteri dengan aura mistis yang akan terasa bahkan ketika para pengunjung mulai memasuki kawasan wisata tersebut. Bagi sebagian orang atau pengunjung yang datang mungkin hanya merasa mereka merinding. Namun, tetap saja jika itu dimulai dengan niat baik, sesuatu tidak akan pernah terjadi yang tidak diinginkan.

Selain itu, air terjun ini sebenarnya juga bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo yang merupakan tujuan pegunungan dengan ketinggian mencapai dua ratus meter. Air Terjun Madakaripura juga merupakan air terjun tertinggi sehingga menempati posisi air terjun tertinggi di Indonesia.

Madakaripura memiliki bentuk yang menyerupai ceruk dengan bukit-bukit di sekitarnya. Seperti halnya gerimis, tetesan air sering datang dari semua area tebing. Dan beberapa dari mereka bahkan menuangkan air terjun kembali. Cantik lagi, jika cuacanya cerah, maka matahari akan memasuki daerah tersebut sehingga para wisatawan akan sering disuguhi pemandangan indah pelangi. Melakukan wisata ke air terjun Madakaripura tentu akan menjadi kenangan khusus dan semakin membuat penasaran bagi para wisatawan.

Akses Masuk dan Rute Air Terjun Madakaripura

• Rute dari Surabaya

Jika Anda mencapai Jawa Timur melalui Stasiun Gubeng atau Bandara Juanda, tentu saja Anda harus memulai perjalanan dari Surabaya. Di sana Anda dapat langsung menuju ke terminal bus Bungur Asih. Di sana Anda akan memiliki berbagai bus dengan jurusan Probolinggo. Atau bisa jadi bus baru saja melewati garis Probolinggo. Setelah turun di daerah Probolinggo, Anda dapat menyewa mobil yang mengarah ke Kabupaten Nagarejo. Warga Distrik Sekitar sudah sangat akrab dengan pengunjung Air Terjun Madakaripura. Jadi, Anda bisa meminta penduduk setempat untuk membawa Anda ke Air Terjun Madakaripura.

• rute Malang

Setelah munculnya bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, beberapa orang mulai mengakses bandara untuk melakukan perjalanan di wilayah Jawa Timur. Jika Anda memulai perjalanan dari bandara ini, Anda dapat mulai dengan langsung menyewa taksi di sana. Taksi di wilayah tersebut sering menawarkan harga di luar meteran, mengingat bahwa saat menggunakan meteran, harga perjalanan akan sangat mahal. Jadi, Anda harus siap menawar harga terlebih dahulu. Bagi Anda yang pandai menawar harga, jangan lupa untuk menggunakan bahasa lokal!

• Rute dari Gunung Bromo

Jika Anda berada di sekitar Gunung Bromo, Anda lebih dekat dengan lokasi Air Terjun Madakaripura. Namun, seringkali untuk pergi ke air terjun Anda harus mencari kendaraan lagi. Akan lebih baik jika Anda menggunakan fasilitas yang disediakan oleh tur lokal. Di sana Anda akan dengan mudah menemukan berbagai penawaran perjalanan ke Air Terjun Madakaripura dari bisnis wisata. Harga yang ditawarkan cukup ramah. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang menemukan lokasi dan kendaraan di sana.

Bagi Anda yang mungkin berhenti di Air Terjun Madakaripura dari daerah yang jauh, Anda dapat menyewa beberapa penginapan. Atau mungkin jika Anda hanya ingin menikmati suasananya, Air Terjun Madakaripura memiliki jawabannya. Di sana Anda akan dengan mudah menemukan tempat penginapan yang dikelola oleh penduduk setempat.

Biaya Memasuki Air Terjun Madakaripura

Untuk dapat menikmati semua keindahan Air Terjun Madakaripura Anda dapat langsung mengunjungi kawasan Taman Nasional Gunung Bromo. Di sana Anda akan diminta membayar tiket masuk. Sekitar Rp. 11.000. Dengan uang ini, Anda juga berkontribusi untuk pemeliharaan kawasan wisata ke Perhutani. Selain itu, Anda akan memiliki waktu tak terbatas di area air terjun. Itulah pembahasan mengenai Keindahan AIR TERJUN MADAKARIPURA Yang Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat bagi Anda maupun keluarga yang ingin berkunjung kesana ya. Selamat berlibur diakhir pekan ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *