35 Tempat Wisata di Blitar Terbaru dan Lagi Hits di 2019

Posted on

Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki tempat wisata yang sangat banyak diantaranya pantai, pegunungan dan juga tempat wisata lainnya yang tak kalah keren. Di Blitar juga terdapat makam pahlawan proklamator sekaligus presiden pertama RI. Nah kali ini admin dari wagirmedia.com akan memberikan info lengkap tempat wisata di blitar terbaru dan lagi hits di tahun 2019 ini.

1.   Pantai Jebring

wisata pantai jebring blitar

Pantai jebring ini merupakan salah satu pantai terluas yang berada di Desa ngadipuro, desa ngadipuro sendiri merupakan salah satu desa yang memiliki banyak pantai diantaranya pantai jebring sendiri, kemudian ada pantai keben, ngloncor, wedi ireng, princen, selok kancil, selok dadap, pudak, dung dowo, bakung dan benelan.

2. Kampung Coklat

wisata kampung coklat blitar

Kampung coklat merupakan salah satu tempat wisata keren yang ada di blitar, anda bisa membeli aneka olahan coklat dan berbagai oleh oleh souvernir keren untuk keluarga dan teman anda.  Disini juga terdapat berbagai macam hiburan untuk anak anak, dan saat berkunjung ke kampung coklat kita juga bisa mencoba kolam terapi ikan yang sangat menarik. Harga tiket masuknya sangat terjangkau kok, anda hanya membayar Rp. 5.000 per orang agar dapat masuk ke Kawasan wisata kampung coklat.

3. Hutan Pinus Tulungrejo

Salah satu Kawasan wisata yang wajib anda kunjungi saat anda berada di kota Blitar adalah Hutan Pinus Tulungrejo, untuk letak dari Hutan Pinus Tulungrejo sendiri terletak di Desa Tulungrejo, terdapat beragam spot cantic yang sangat instagramable dengan udara yang masih alami, hal ini karena Kawasan wisata ini masih terbilang alami dan masih jarang di kunjungi oleh para wisatawan, namun soal kebersihan dan keindahan tidak perlu diragukan, Kawasan ini bersih dan sangat cocok bagi anda yang suka dengan wisata alam.

4. Kesambi Trees Park

Kesambi Trees Park

Selain Kawasan wisata pantai dan hutan pinus, di kota Blitar juga terdapat sebuah Kawasan wisata penangkaran rusa yang di beri nama Kesambi Trees Park yang terletak di Kawasan perhutani RPH Sumberingin di desa Jatilengger, kecamatan Pongok, kab Blitar, selain anda dapat melihat banyak rusa yang di biarkan bebas, terdapat beragam fasilitas yang dapat membuat anda betah berlama lama di Kawasan ini, mulai dari area remaja, camping deck, arbotetum, gift shop, forest corner, dan cafetaria, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang, anda sudah dapat berwisata alam murah namun tetap indah.

5. Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud

Bagi anda pecinta alam dan ingin melihat wisata gunung api yang masih aktif, anda dapat mengunjungi Kawasan Gunung merupakan Kawasan wisata gunung Merapi yang hingga kini masih aktif. Untuk menuju kea rah gunung Kelud juga telah dibangun jalan yang telah diperbaiki, anda juga dapat melihat pemandangan dari gardu pandang yang sengaja di bangun di Kawasan Gajahmungkur, selain itu, di Kawasan ini juga disediakan jalur panjat tebing di puncak sumbing, pemandian air panas hingga flying fox.

6. Rambut Monte

Wisata Rambut Monte

Wisata rambut monte blitar ini merupakan objek  wisata yang indah, bersejarah sekaligus ada sentuhan mistisnya. Yang menjadi salah satu objek menarik di wisata rambut monte ini adalah adanya mata air yang membentuk sebuh telaga. Objek ini sangat indah saat kita gunakan untuk berfoto dan diupload di akun media sosial kalian.

7. Pantai Pangi

Wisata Pantai Pangi Blitar

Pantai yang berada di blitar ini juga sangat hits karena bentuk pantainya yang sangat indah dengan pasir yang berwarna putih, seperti karakteristik pantai selatan, pantai ini juga memiliki ombak yang besar, jadi kita harus waspada saat bermain air di pantai ini. Selain keindahan pantai, di pantai pangi terdapat muara sungai yang membentuk telaga payau.

8. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo sendiri terletak di Desa Tambakrejo kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, pantai ini dapat di gunakan untuk mandi para wisatawan, terutama pada saat sore hari, selain untuk mandi, para wisatawan juga dapat membeli ikan segar secara landsung, karena terdapat pelelangan ikan yang menjaul beragam ikan segar yang tentunya hal ini merupakan keunggulan dari pantai Tambakrejo.

9. Pantai Serit

Wisata Pantai Serit Blitar

Pantai Serit terletak di Serang, Panggungrejo, Blitar, Jawa timur, yang membuat pantai serit ini menarik adalah hamparan pasir di pantai ini berwarna kehitaman, sehingga dari jauh akan tampak seperti sangat indah, warna laut yang biru membuat pantai ini tampak sangat indah, pantai ini terbilang masih sangat baru, jadi masih belum ada fasilitas yang memadai di pantai ini.

10. Bukit Teletubies Blitar


Bukit Teletubies Blitar

Bukit teletubies terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, di Bukit teletubies ini anda akan melihat hamparan hijau yang sangat sejuk, dengan fasilitas gardu pandang yang dapat di manfaatkan untuk berfoto, di kawasamn ini juga terdapat badut teletubies yang biasabya hadir pada haru sabtu dan minggu, pastinya di bukit ini juga terdapat spot spot cantic yang bisa anda gunakan untuk berfoto.

11. Perkebunan Teh Sirah Kencong


Perkebunan Teh Sirah Kencong

Sirah kencong sendiri merupakan nama sebuah daerahdi perkebunan teh bantaran wlingi. Tak hanya menyajikan perkebunan teh yang sangat indah dan sejuk, tetapi juga ada wisata lain yang tak kalah indah yaitu air terjun sirah kencong.

12. Taman Pecut


Taman Pecut

Kawasan Taman Pecut sendiri terletak di Jl Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, kota Blitar, yang membuat taman ini istimewa adalah taman ini memiliki air terjun menari yang beraktrasi setiap hari sabtu dan minggu, taman ini disebut sebagai Taman Pecut, karena terdapat sebuah patung tangan memegang pecut atau cemeti yang yang dikelilingi oleh air mancur.

13. Gunung Butak

Gunung Butak Blitar

Bagi anda para pecinta traking atau pendaki yang masih baru, maka kami sarankan untuk mencoba mendaki ke Gunung Butak, karena gunung ini memiliki tingkat pendakian sedang, sehingga sangat cocok untuk anda yang masih belajar, selain itu anda akan mendapati pemandangan sabana yang luas dan pastinya sangat indah.

14. Sumber Ember

Sumber Ember

Sumber Ember atau biasa juga disebut dengan Sumber Kandangan ini terletak di Duren, Kandangan, Srengat Blitar, Kawasan wisata ini terbilang tidak terlalu besar namun sumber ini memiliki debit air yang lumayan besar, dengan kedalaman sekitar 150 cm saja, sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga yang murah meriah, tentunya dengan pemandangan yang terbilang sangat indah.

15. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno

Kawasan wisata yang satu ini terbilang adalah Kawasan wisata yang sudah sangat terkenal, makam proklamator ini hingga saat ini terbilang sebagai Kawasan wisata paling banyak dikunjungi saat anda pergi ke Blitar, Kawasan wisata Makam Bung Karno sendiri terletak di Jl. Ir Soekarno No.152 Bendogerit, Sanawetan, kota Blitar.

16. Pesawahan Desa Tulungrejo

Pesawahan Desa Tulungrejo

Saat anda berkunjung ke kota Blitar, maka sempatkanlah untuk berkunjung ke Desa Tulungrejo, bagi anda yang ingin merasakan suasa persawahan, maka Kawasan desa ini sangat kami sarankan, karena di desa ini terhampar persawahan hijau yang sangat luas, dengan udara yang sejuk, pastinya akan cukup membuat anda menghilangkan kejenuhan kota.

17. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng

Kawasan wisata air terjun Grenjeng ini dulunya masih jarang di kunjungi, namun dalam beberapa tahun ini telah banyak perubahan, mulai dari perbaikan akses jalan hingga pepohonan di tata dengan rapi, sehingga akan memudahkan para wisatawan yang dating, selain itu kami sarankan untuk dating pada saat musim penghujan, karena pada saat musim penghujan, biasanya debit air besar, lain pada saat kemaru.

18. Fish Garden

Fish Garden

Salah satu Kawasan wisata terbaru lainnya adalah Fish Garden, sesuai dengan Namanya, di Kawasan ini juga terdapat beragam kola mikan yang berwarna warni dan menarik, Kawasan wisata yang terletak di Jl Bengawan Solo No. 101 Pakunden, Sukorejo, Kota Blitar, selain kolam ikan, di Kawasan ini juga terdapat spot spot cantic yang dapat anda gunakan untuk berfoto dan merasakan pengalaman yang lain dari biasanya.

19. Pesawahan Dusun Precet

Persawahan Dusun precet

Selain Desa Tulungrejo yang terkenal dengan persawahannya, di dusun Precet juga terdapat persawahan yang sangat indah, sehingga anda tidak akan bosan berlama lama di Kawasan ini, selain pemandangan persawahan yang unik, di desa Precet juga terkenal dengan kerajinan keramiknya yang sangat indah, sehingga akan membuat anda betah.

20. Air Terjun Njumeg

Air Terjun Njumeg

Kawasan wisata air terjun yang terletak di Ringinanyar, Ringinrejo, Wates Blitar ini terbilang masih sangat baru, karena kases jalan menuju ke tempat ini masih sedikit susah, selain itu debit air saat hujan akan membuat air terjun menjadi coklat dan jalanan menjadi licin, jadi kami sarankan untuk dating ke air terjun ini pada saat musim kemarau.

21. Masjid Agung Kota Blitar

Masjid Agung Blitar

Masjid ini terletak di sebelah barat Alun Alun Kota Blitar, sehingga cukup mudah untuk di akses, selain itu bangunan masjid ini terbilang sangat bagus, dengan kayu yang terbuat dari kayu jati , namun bagian luar tampak lebih modern, sehingga sangat indah untuk di kunjungi.

22. Candi Penataran Blitar

Candi Penataran

Candi Prambanan merupakan candi terluas di Jawa Timur yang terletak di Desa penataran, Kecamatan Glegok, Kabupaten Blitar, candi Penataran sendiri sudah di bangun sejak pemerintahan Raja Srengga dari kerajaan Kediri pada tahun 1200 masehi, di Kawasan ini terdapat beragam patung patung yang masih terawatt, sehingga anda dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah.

23.  Perpustakaan Bung Karno


Perpustakaan Bung Karno

Perpusatakaan bung karno ini terletak tak jauh dari makam bung karno sendiri. Bentuk dari Wisata Perpusatakaan Bung Karno menyerupai candi penataran. Perpustakaan Bung Karno beralamatkan di Jalan Kalasan No.1 Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar Jawa Timur. Perpustakaan dan Museum Bung Karno buka dari Senin – Kamis mulai jam 07.30 – 16.00 WIB. Sementara hari Jumat pukul 7.30 – 16.30 WIB sedangkan di hari Sabtu dan Minggu mulai buka jam 8.00 – 16.30 WIB.

24. Gumuk Sapu Angin


Gumuk Sapu Angin

Salah satu wisata hits di blitar ini terletak di desa resapombo, kec doko, kabupaten blitar jawa timur. Terdapat spot gardu pandang yang sangat keren untuk kita berfoto. Di gardu pandang gumuk sapu angin ini kita bisa melihat keindahan alam gunung kawi dan gunung kelud dengan hamparan hijau sekitarnya. Tiket masuk ke gumuk sapu angin blitar ini sangat murah  kok.

25. Pantai Gondo Mayit


Pantai Gondo Mayit

Bagi para pecinta wisata air, misalnya saja berselancar, maka pantai Gondo Mayit, yang terbilang pantai ini akan memanjakan para peselancar, selain ombaknya yang terbilang cukup besar, anda juga dapat melihat hamparan pasir putih dengan air sejernih kristal, pantai ini sendiri terletak di Desa Tambakrejo, kecamatan wonotirto, kabupaten Blitar.

26. Pantai Jolo Sutro


Pantai Jolo Sutro

Pantai yang satu ini adalah pantai yang terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna kehitaman, sehingga sangat menari untuk di kunjungi, selain itu pantai Jolo Sutro juga salah satu pantai yang cukup terkenal di kota Blitar, pantai ini terletak di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Selain itu pantai Jolosutro juga sudah memiliki jalan yang telah memadai, sehingga pantai ini cukup favorit bagi warga Blitar.

27. Bukit Bunda Blitar


Pantai Jolo Sutro

Setelah wisata pantai, sekarang kita beralih ke wisata yang juga cukup favorit, yaitu Bukit Bunda, Kawasan wisata ini menawarkan wisata perbukitan kapur yang sangat indah, di Kawasan Bukit Bunda di sedikan gardu pandang yang lumayan tinggi, sehingga anda dapat melihat keindahan bukit ini dari gardu pandang yang sangat indah.

28. Bukit Tumpak Waru


Bukit Tumpak Waru

Selain Bukit Bunda, terdapat juga bukit yang menarik untuk anda kunjungi, yaitu Bukit Tumpak Waru, Bukit ini sendiri terletak di Tumpakwaru, Sumberjati, Kademangan, Blitar. Di bukit ini anda akan mendapati hamparan ilalang yang sangat indah, sangat tepat bila anda pecinta fotografi, maka taka da salahnya jika anda berkunjung ke Bukit Tumpak Waru.

29. Pantai Pasir Putih Sumbersih


Pantai Pasir Putih Sumbersih

Wisata pantai memang selalu menarik untuk di kunjungi, salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Sumbersih yang terletak di Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo kota Blitar ini tentunya memiliki hamparan pasir putih yang sangat menarik, selain itu di pantai ini anda dapat menyewa perahu untuk memancing, tentunya akan menjadi pengalaman yang luar bias ajika anda dapat memancing sembari menikmati indahnya pantai.

30. Pantai Peh Pulo


Pantai Peh Pulo

Jika dari letaknya, pantai ini rupanya berdekatan dengan Pantai pasir Putih Sumbersih, pantai ini memiliki beberapa batuan kapur besar yang sangat menarik, dengan ombak yang relative besar, pastinya akan membuat anda senang berlama lama di Kawasan pantai ini, selain itu anda juga dapat berlindung di bawah pohon pohon besar dan menikmatu hempasan angina yang sejuk.

31. Penangkaran Rusa Maliran


Penangkaran Rusa Maliran

Sesuai dengan Namanya, Kawasan wisata ini adalah sebuah penangkaran rusa yang saat ini memang sudah hamper punah, tentunya di sini sangat cocok bagi anda para pecinta binatang, terutama rusa, selain itu di sini juga disediakan pakan rusa, sehingga anda dapat memberi makan rusa secara langsung, sehingga anda yang suka dengan binatang, jangan lupa untuk berkunjung ke sini.

32. Puncak Kejora Blitar


Puncak Kejora

Bagi anda yang ingin menikmati Kawasan wisata dengan udara sejuk dan berfoto, maka tak salah jika anda mengunjungi Kawasan wisata Puncak Kejora, Kawasan wisata ini terletak di Pkb, Pijiombo, Ngadirenggo, Wlingi, kota Blitar, selain itu Puncak Kejora terletak di Kebun teh Sirah Kencong, jadi anda dapat langsung melihat indahnya hamparan kebun teh yang menghijau.

33. Kaloka Lodoyo


Kaloka Lodoyo

Kawasan wisata terbaru yang sedang hits di kota Blitar lainnya adalah Kawasan wisata Kaloka Lodoyo, Kawasan ini berupa spot spot foto kekinian yang dapat anda coba, salah satu yang paling terkenal adalah spot I Love You yang sangat ikonik di Kawasan ini, selain spot spot cantic lainnya, anda juga dapat mencoba kendaraan ATV dan skuter anak anak yang sangat menarik.

34. Kebun Kopi Karanganyar


Kebun Kopi Karanganyar

Salah satu Kawasan wisata ini adalah sebuah kebun kopi yang telah ada sejak penjajahan Belanda, sehingga bisa di bilang bahwa Kawasan kebun ini sudah sangat tua, namun saat ini telah disulap menjadi Kawasan wisata yang cukup menarik, karena anda dapat melihat kantor atau bangunan yang dipertahankan keasliannya, dengan pohon kopi yang sudah tua, anda juga dapat minum kopi di sini, jadi pastinya akan sangat seru.

35. Taman Jurug Goa Luweng Prodo


Taman Jurug Goa Luweng Prodo

Yang terakhir kami ulas adalah Taman Jurug Luweng Prodo, Kawasan wisata goa ini sangatlah unik, karena di di dalam goa terdapat air terjun mini yang sangat unik dan menarik, selain itu kedalama goa ini hanya sekitar 50 meter saja, namun memiliki pemandangan yang luar biasa, apabila anda traking ke bawah aliran sungai, anda akan menemukan jurug taman, selain itu jalan di Taman juga telah di buatkan jalan sendiri, sehingga akan memudahkan anda dalam berwisata.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Blitar yang sedang hits, pastinya bagi para pecinta wisata, jangan lupa untuk mengunjungi beragam Kawasan wisata lainnya yang tentunya masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *